SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional), Sebuah Sistem dari BPJS yang Berakar Kepada Semangat Gotong-royong.

UU BPJS yang telah disepakati pemerintah dan DPR pada tahun 2004 telah menjadi harapan baru bagi masyarakat. Salah satunya adalah jaminan sosial dibidang kesehatan. dengan adanya BPJS, penyelenggaraan layanan kesehatan yang kurang menjangkau lapisan masyarakat diharapakan bisa teratasi, sehinga tidak ada lagi isliah diskriminasi pelayanan kesehatan dan semua golongan dapat mengakses layanan tersebut.

BPJS adalah sebuah badan hukum yang dibentuk untuk penyelengara program jaminan, didalam program jaminan itu ada program jaminan kesahatan, program jaminan hari tua, program jaminan kecelakaan, dan program jaminan kematian. Khusus untuk kesehatan penyelenggaranya adalah BPJS kesehatan

Lain halnya dengan SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional), SJSN adalah sistem yang dijalankan oleh BPJS. Sebuah sistem gotong royong untuk kesehatan rakyat Indonesia. Masyarakat diwajibkan membayar iuaran untuk membantu orang yang tidak mampu dan ketika kita tidak mampu kita dibantu orang lain. sistem membayaran iuran ini ada 3 macam. PNS dan pegawai formal dipotong dari gaji berdasarkan dari prosentase. untuk pekerja nonformal, mereka diwajibkan membayar premi, sedangkan untuk rakyat miskin akan disubsidi oleh pemerintah dengan istilah PBI (Penerma bantuan iuran).

Di dalam SJSN ini masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, kewajibannya dalam hal ini seorang pemberi kerja wajib mendaftarkan pekerjanya, dan ketika tidak mendaftarkan akan mendapatkan sangsi. Sedangkan hak Masyarakat ialah mendapatkan kartu untuk bisa mengakes pelayanan dan menerima informasi tentang prosedurnya, tentang apa yang dijamin, juga tentang hak untuk mengeluh.

Tolak ukur keberhasilan SJSN telah berhasil dilaksanakan BJPS adalah jumlah orang yang dijamin. BPJS merencanakan pada tahun 2014, 70% masyarakat Indonesia ikut dalam program ini. Target lebih tinggi dicanangkan oleh BPJS, tahun 2017, 90% lebih rakyat Indonesia sudah mengikuti program ini. Semoga pada 1 Januari 2014 bangsa Indonesia bisa mendapatkan pelayanan yang optimal.

(Donne)

Sumber : Metro TV, Indonesia Cinta Sehat


link untuk video

http://www.youtube.com/watch?v=bc7F_GrXZeM&;feature=youtu.be

http://www.youtube.com/watch?v=AJSMpXz_emc&;feature=youtu.be

AddThis Social Bookmark Button

Add comment


Security code
Refresh

You are here: Home Arrow News Arrow SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional), Sebuah Sistem dari BPJS yang Berakar Kepada Semangat Gotong-royong.

Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan
(Centre for Health Financing Policy and Health Insurance Management)

Gedung Radioputro Sayap Barat Lantai 2
Komplek Fakultas Kedokteran UGM
Jalan Farmako Sekip Utara, Yogyakarta - 55281
Phone  +62 274 631022
Fax     +62 274 631022
Email   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Web     www.kpmak-ugm.org

Logo Kpmak Kuning

Connect With The facebook KPMAK-UGM
KPMAK-UGM twitter KPMAK-UGM