PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA JAMKESMAS DAN PASIEN UMUM DI RUANG RAWAT INAP RSUD CUT MEUTIA ACEH UTARA

 Yusri1, Ali Ghufron Mukti2, Tjahjono Kuntjoro3

 

INTISARI

Latar Belakang : Kesehatan adalah hak asasi manusia dan sekaligus investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa. Askeskin mulai 1 Januari 2008 diganti nama menjadi Jaminan Kesehatan Masyarakat yang disebut Jamkesmas. Kepuasan merupakan kesesuaian antara jasa yang diterima dengan jasa yang diharapkan. Pasien peserta Jamkesmas mengatakan pelayanan yang mereka dapatkan masih jauh dari harapan.

Pasien Umum yang dirawat juga mengatakan pelayanan yang mereka dapat belum memuaskan mereka walaupun semua biaya pelayanan kesehatan mereka bayar sendiri(out of pocket). Kedua kelompok pasien ini mengatakan tidak puas terhadap pelayanan kesehatan yang mereka terima meskipun metode pembayaran biaya pelayanan kesehatan mereka berbeda.

Tujuan Penelitian : Untuk mengukur pebedaan tingkat kepuasan antara peserta Jamkesmas dan pasien Umum yang dirawat inap di RSUD Cut Meutia Aceh Utara.

Metode Penelitian : Merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Cara pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling. Jumlah sampel dihitung dengan rumus Lemeshow. Jumlah sampel sebanyak 192 orang yang terdiri dari 96 orang peserta Jamkesmas dan 96 orang pasien Umum. Untuk menguji perbedaan tingkat kepuasan peserta Jamkesmas dan pasien Umum digunakan uji statistik independent samples test. Untuk membedakan tingkat kepuasan masing-masing kelompok antara harapan dan kenyataan digunakan uji independent paired test. Uji multivariat menggunakan uji regresi berganda.

Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara peserta Jamkesmas dan pasien Umum terhadap pelayanan dokter. Tidak ada perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara peserta Jamkesmas dan pasien Umum terhadap pelayanan perawat. Ada perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara peserta Jamkesmas dan pasien Umum terhadap pelayanan administrasi.

Kesimpulan : Tidak ada perbedaan tingkat kepuasan antara peserta Jamkesmas dan pasien Umum terhadap pelayanan dokter dan perawat. Ada perbedaan tingkat kepuasan terhadap pelayanan administrasi.


Kata Kunci : Kepuasan, Jamkesmas, Pasien Umum.

 


AddThis Social Bookmark Button

Add comment


Security code
Refresh

You are here: Home Arrow Research and Publication Arrow Postgraduate Student Arrow PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA JAMKESMAS DAN PASIEN UMUM DI RUANG RAWAT INAP RSUD CUT MEUTIA ACEH UTARA

Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan
(Centre for Health Financing Policy and Health Insurance Management)

Gedung Radioputro Sayap Barat Lantai 2
Komplek Fakultas Kedokteran UGM
Jalan Farmako Sekip Utara, Yogyakarta - 55281
Phone  +62 274 631022
Fax     +62 274 631022
Email   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Web     www.kpmak-ugm.org

Logo Kpmak Kuning

Connect With The facebook KPMAK-UGM
KPMAK-UGM twitter KPMAK-UGM